Anak Enggan Pakai Masker, Coba 5 Tips Jitu Ini!

Meski masa transisi normal telah berlaku, Anda tetap harus waspada dengan risiko penularan virus kapan dan di mana saja. Pastikan si kecil tetap memakai masker anak guna mencegah penularan virus corona di area publik, apalagi rencana sekolah tatap muka mulai dilakukan nanti. Jangan sampai anak lengah dengan tidak memakai atau membuka masker di tempat publik sehingga memicu penularan virus corona. Sampai sekarang Indonesia masih menjadi negara yang melawan gelombang pertama pandemi virus corona, lho!

Mengajari anak memakai masker dengan baik

Kadang-kadang anak yang berusia di bawah lima tahun masih enggan memakai masker dengan benar. Orangtua perlu bijak mengatasi situasi ini agar anak tidak merasa dipaksa sehingga ia melepas masker pada situasi tertentu. Yuk, coba 5 cara mengajari si kecil memakai masker dengan baik berikut!

1.     Memberikan penjelasan yang mudah dipahami

Sebelum Anda memberikan masker pada anak, sebaiknya berikan penjelasan kenapa anak perlu memakai masker dalam kehidupan harian. Apalagi anak Anda sering bermain di luar atau ikut bepergian ke tempat umum, maka berikan pemahaman penting tentang situasi pandemi. Biarkan anak belajar memakai masker tanpa disuruh dengan memberikan kata-kata motivasi.

2.     Memberikan contoh lebih dulu

Anda memberikan penjelasan panjang lebar tanpa adanya contoh dari diri sendiri, maka anak tidak akan mengikuti anjuran tersebut. Jika ingin anak memakai masker dengan disiplin, pastikan orangtua memberikan contoh lebih dulu.

3.     Memberikan sebuah aturan

Aturan bisa Anda terapkan dengan adanya hadiah jika anak mematuhi aturan tersebut. Tidak hanya anak saja, orangtua atau anggota keluarga lain harus mengikuti aturan tersebut. Misalnya semua anggota keluarga harus memakai masker sebelum ke luar dari rumah atau rajin mengganti masker bila melakukan perjalanan jarak jauh.

4.     Tidak ada paksaan yang keterlaluan

Sanksi untuk anak bila melanggar aturan yang diterapkan bukan solusi yang baik. Anda tidak boleh memaksa atau memarahi anak keterlaluan, apalagi anak-anak yang baru belajar memakai masker. Anak-anak perlu adaptasi memakai masker selama masa pandemi ini sehingga biarkan mereka belajar karena kebiasaan baik.

 

Jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yang berlaku dengan baik agar si kecil benar-benar terbiasa dengan kebiasaan sehat ini. Dukung anak memakai masker dan ajari cara mencuci tangan pakai sabun dengan benar, ya!

5.     Memilihkan masker terbaik

Tidak ada salahnya memberikan motivasi pada anak dengan cara memilih masker yang terbaik. Masker terbaik terbuat dari material yang direkomendasikan medis dan terdiri dari beberapa lapis. Mengingat bahaya mutasi virus corona yang mengintai kesehatan keluarga, Anda harus memilih masker anak yang terbuat dari bahan berkualitas.

 

Masker kain yang memiliki karakter kesukaan si kecil bisa menjadi pilihan. Anak akan suka memakai masker sebab mereka menyukai motif masker tersebut. Jika anak memiliki penyakit bawaan, sebaiknya pilih jenis masker bedah untuk si kecil. Anda bisa konsultasi dengan dokter untuk memilih jenis masker yang recommended sesuai kesehatan buah hati tercinta.

 

Menjelaskan pada anak terkait pemakaian masker harus Anda lakukan dengan bahasa yang mudah dimengerti, ya! Jangan lupa untuk mendukung kesehatan anak dengan memberikan asupan makanan bergizi, minum air putih yang cukup, olahraga rutin, membatasi aktivitas di luar rumah, dan lain-lain. Jangan lupa untuk memiliki stok masker anak di rumah, apalagi jenis masker sekali pakai. Bila Anda membeli jenis masker kain untuk anak, rutin cuci masker setidaknya 3 jam sekali setelah pemakaian di luar rumah, ya!

 

Sumber

https://www.alodokter.com/tips-mengajarkan-anak-menggunakan-masker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *