Arti Sebenarnya hingga Alasan Lebih Populer FAKTA Ucapan Gong Xi Fa Cai saat Tahun Baru Imlek

Berikut ini fakta tentang Gong Xi Fa Cai, ucapan yang populer saat Tahun Baru Imlek. Etnis Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek 2021 pada Jumat (12/2/2021). Seiring datangnya Tahun Baru Imlek tersebut, ucapan Gong Xi Fa Cai pun kerap diucapkan.

Tak sedikit yang mengira Gong Xi Fa Cai artinya selamat Tahun Baru Imlek. Padahal, faktanya arti dari Gong Xi Fa Cai bukanlah selamat tahun baru. Dosen Program Studi (Prodi) Bahasa Mandarin Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Monika Herliana mengatakan, arti Gong Xi Fa Cai bukanlah selamat Tahun Baru Imlek.

Menurut Monika, arti sebenarnya dari Gong Xi Fa Cai (dibaca kong si fa tchai), adalah harapan akan datangnya kemakmuran atau bertambahnya rezeki. "Gong Xi artinya 'selamat', sedangkan Fa Cai artinya kemakmuran atau menghasilkan uang." "Jadi secara harafiah, ucapan Gong Xi Fa Cai artinya berharap di tahun yang baru kita semua mendapatkan kemakmuran dan kekayaan," katanya, Rabu (10/2/2021).

Adapun ucapan yang artinya selamat tahun baru adalah Xin Nian Kuai Le (新年快乐), atau dibaca sin nien khuai le. 'Xin Nian' artinya tahun baru dan 'Kuai Le' artinya bahagia. Secara harafiah, ucapan Xin Nian Kuai Le merujuk pada tahun baru yang bahagia.

"Ucapan ini pada umumnya diucapkan kepada saudara dan rekan rekan yang merayakan Imlek," kata dia. Selain Xin Nian Kuai Le, ucapan selamat Tahun Baru Imlek lainnya adalah Guo Nian Hao. 'Guo Nian' artinya melewati tahun baru, 'Hao' artinya baik.

Dengan demikian arti Guo Nian Hao adalah selamat tahun baru dan dapat merayakan dengan baik dan gembira. Lantas mengapa Gong Xi Fa Cai lebih populer sebagai ucapan dalam Tahun Baru Imlek? Menurut Monika, hal ini karena etnis Tionghoa telah tersebar di berbagai penjuru dunia.

Oleh karena itu, ucapan Tahun Baru Imlek pun merujuk harapan bertambahnya kemakmuran atau kekayaan. "Bisnisnya akan lebih makmur dan lebih lancar untuk menghasilkan uang," lanjutnya. Ucapan Gong Xi Fa Cai tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di negara lain.

Masih menurut Monika Herliana, Gong Xi Fa Cai berasal dari ucapan penduduk China yang telah mengalahkan binatang buas bernama Nian. Setelah mengalahkan binatang tersebut, semua orang mengatakan Gong Xi yang berarti 'selamat.' "Seiring berjalannya waktu, bangkitnya penduduk China dari masa masa sulit (kelaparan dan kemiskinan), menjadikan kata Fa Cai sebagai pengharapan agar kehidupan penduduk China menjadi makmur dan sejahtera," kata dia.

Lulusan Huaqiao University, Xiamen itu menambahkan, masyarakat Indonesia juga terbiasanya mengucapkan Kiong Hi atau Sin Chun Kiong Hi saat Imlek. Menurutnya, kiong hi dan sin chun kiong hi adalah ucapan Tahun Baru Imlek yang berasal dari dialek Hokkian. Arti Kiong Hi sama seperti Gongxi yaitu selamat, sedangkan Sin Chun Kiong Hi atau Xin Chun Gong Xi berarti selamat datang musim semi.

Untuk Anda yang hendak mengirim ucapan selamat Tahun Baru Imlek, berikut kumpulan ucapan selamat Imlek yang dikutip dari Selamat Tahun Baru dan semoga semuanya berjalan baik Selamat Tahun Baru dan semoga keluarga bahagia.

Selamat berbahagia dan kaya raya Selamat Festival Musim Semi! Semoga Tahun Baru Anda bahagia!

Semoga sukses dan untung besar Bintang keberuntungan bersinar cerah. Nasib baik seperti yang kamu inginkan.

Semoga semua urusanmu berjalanlancar. Semoga semua keinginan Anda terwujud. Semoga hidup Anda lancar.

Sumber keuangan yang luas dan berlimpah Karier yang gemilang Semoga kariermu berjalan dengan baik.

Semoga segera sukses. Semoga semangat, semakin kuat dan awet muda Semoga selalu sehat

Semoga selalu damaisepanjang tahun Selamat Tahun Baru Cina. Semoga Anda sehat dan sukses di tahun 2021! Semoga tahun baru ini diisi dengan kebahagiaan, kemakmuran, dan banyak momen berharga bersama orang yang Anda cintai. Selamat Tahun Baru Imlek 2021!

Saya sepenuh hati dan harapan terbaik bersama Anda dan keluarga tercinta Anda sepanjang Tahun Baru ini dan selalu. Semoga Anda mendapatkan semua kegembiraan dan kemakmuran di tahun baru. Gong Xi Fa Cai! Gong Xi Fa Cai! Semoga semua mimpimu menjadi kenyataan. Saya ucapkan selamat tahun baru dengan keberuntungan, kesehatan, dan kemakmuran. Selamat Tahun Baru! Semoga 2021 mengakhiri semua masalah yang dibawa tahun 2020 ke dalam hidup kita.

Gong Xi Fa Chai! Semoga Anda mendapatkan Tahun Baru Imlek yang Sejahtera 2021. Saya berharap tahun 2021 mengguncang dunia Anda dengan kegembiraan dan pencapaian. Banyak cinta dan berkah! Selamat tahun baru lunar. Saya berharap keberuntungan mengikuti Anda kemanapun Anda pergi.

Di tahun baru ini, saya berharap berkat Tuhan akan membimbing Anda melalui semua keterbatasan Anda dan membantu Anda mengatasi kelemahan Anda. Pada momen pertama tahun baru yang bahagia ini, terimalah harapan terbaik saya untuk kesehatan Anda yang sempurna dan kemakmuran yang langgeng. Gong Xi Fa Cai! Saya berharap Anda semua menikmati kegembiraan perayaan tahun baru dan berharap untuk membuat lebih banyak kenangan indah di Tahun Baru yang akan datang.

Semoga tahun baru ini membawa kemakmuran bagi kita semua dalam kesehatan dan kekayaan. Selamat tahun baru lunar! Dari sekian banyak kegembiraan terbesar musim ini adalah kesempatan untuk mengucapkan Terima Kasih dan mendoakan yang terbaik untuk Tahun Baru. Semoga Tuhan memberi Anda kekuatan untuk mengatasi semua tantangan Anda dan selanjutnya menaiki tangga kesuksesan. Selamat Tahun Baru Cina.

Saya sangat berharap Tahun Baru memberi Anda keberanian untuk menyesuaikan diri dengan rintangan dan kekuatan untuk menghadapi tantangan hidup. Semoga tahun depan Anda menyenangkan. Semoga tahun ini memberi Anda banyak kebahagiaan dan menyaksikan Anda menjadi orang yang jauh lebih baik. Semoga Anda sehat dan berkelimpahan di Tahun Baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *