Diskusikan Tentang Rangkaian Listrik Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 84 86 87 88 89 Subtema 2

Panduan kunci jawaban Buku Tematik kelas 6 halaman 84 86 87 88 89: Buat Percobaan Rangkaian Lampu Lalu Lintas. Buku Tematik Terpadu Kelas 6 Tema 3 mempelajari materi berjudul Tokoh dan Penemuan. Kemudian, untuk Subtema 2 ini membahas tema berkaitan Penemuan dan Manfaatnya.

Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman 84, 86, 87, 88, dan 89 untuk Pembelajaran 3. Pembahasan Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar. Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas. Kita sering melihat lampu lalu lintas di perempatan atau persimpangan jalan. Lampu lalu lintas terdiri atas tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau.

Tahukah kamu siapa yang menemukan lampu lalu lintas? Baca teks eksplanasi berikut dengan teliti! Si Paralel Penyelamat Jalan

Garret Augustus Morgan adalah penemu lampu lalu lintas pada tahun 1923, yang sekarang digunakan di berbagai negara di dunia. Lampu tersebut bermanfaat untuk mengatur lalu lintas dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan. Morgan seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain. Ia terpanggil untuk menciptakan sistim lampu lalu lintas setelah menyaksikan seringnya terjadinya kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda. Lampu lalu lintas temuan Morgan mengunakan rangkaian paralel. Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Oleh karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali. Prinsip kerja sebuah lampu lalu lintas adalah terdapatnya tiga buah lampu yang saling terhubung secara paralel. Sungguh mulia tujuan Morgan menciptakan lampu lalu lintas. Dapat dibayangkan jika tidak ada lampu lalu lintas di jalur jalan raya yang ramai. Sebuah penemuan yang baik, tentunya akan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada digram berikut! Jawab: Paragraf 1: Topik Masalah

Garret Augustus Morgan adalah penemu lampu lalu lintas. Paragraf 2: Deret Penjelas Lampu lalu lintas temuan Morgan mengunakan rangkaian paralel.

Rangkaian ini disusun secara berderet, masing masing terhubung pada sumber energi. Bila ada satu/lebih komponen rusak atau dicabut, komponen lainnya tetap berfungsi karena masing masing lampu terhubung dengan sumber energi. Paragraf 3: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Tujuan Morgan sangat mulia karena lampu lalu lintas ciptaannya bermanfaat bagi banyak orang di jalan raya. Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian lampu lalu lintas yang telah kamu lakukan. Jawab:

Laporan Kegiatan Percobaan Nama Percobaan: Membuat Lampu Lalu Lintas Sederhana Tujuan Percobaan:

Mengenal rangkaian lampu lalu lintas sederhana Melatih kreativitas Alat alat:

Bahan: Kardus bekas sepatu Buah bola lampu kecil

Buah baterai tegangan 1,5v Buah sakelar Buah dudukan bola lampu

Kabel ukuran sedang, dengan panjang kurang lebih 2 meter Buah kantong plastik atau kertas transparan warna merah, kuning dan hijau Alat:

Gunting kecil Isolasi plastik Langkah kerja:

Persiapkan kardus dan buka tutup atasnya. Buatlahtiga lubang berbentuk lingkaran pada permukaan kardus bawah. Kemudian, buatsekat pembatas antara setiap lubang (akan terdapat 2 sekat).

Potong masing masing kertas warna yang luasnya bisa menutupi masing masing lubang tadi. Kemudian tempelkan kertas untuk menutupi lubang sesuai urutan lampu lalu lintas, yakni merah, kuning, dan paling bawah hijau. Selanjunya, kertas ditempel pada permukaan dalam kardus sepatu.

Buatlah rangkaian listrik paralel menggunakan 3 bola lampu. Setiap lampu akan berada pada sekat di setiap satu lubang. Buatlah lubang untuk menempatkan saklar di sisi samping dari kardus sepatu. Rangkai kabel untuk menghubungkan setiap komponen. Lapisi setiap sambungan kabel dengan solasi.

Pastikan rangkaian telah bekerja baik dan lampu dapat menyala. Kesimpulan: Lampu lalu lintas terdiri dari tiga rangkaian, yakni rangkaian lampu 1 (merah), lampu 2 (kuning), dan lampu 3 (hijau).

Ketiga rangkaian tersebut, langsung terhubung baterai sehingga jika ada satu/lebih rangkaian dimatikan atau rusak, tidak mempengaruhi rangkaian lainnya. Ayo Berdiskusi Diskusikanlah hasilnya dengan teman dan gurumu!

Diskusikan apa yang telah kamu ketahui tentang rangkaian listrik dengan melengkapi bagan berikut. Jawab: Rangkaian Listrik

Hal yang sudah saya ketahui: Rangkaian listrik merupakan sejumlah komponen elektronika yang dirangkai dengan sumber tegangan. Sehingga, rangkaian tersebut menghasilkan listrik yang bermanfaat bagi setiap orang.

Hal yang Ingin saya ketahui: Rangkaian listrik seri dan paralel. Hal baru yang saya pelajari hari ini:

Cara membuat lampu lalu lintas sederhana. Ayo Renungkan Apa yang telah kamu pelajari hari?

Apa manfaatnya? Jawabandisesuaikan dengan pengetahuanmasing masing siswa. Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan pada orang tua di rumah tentang kerja kerasmu hari ini membuat lampu lalu lintas! Jawaban sesuai pengalaman dan pendapat setiap individu. Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua sebagai panduan ketika proses belajar bersama anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *