Kegunaan Cloud Service Untuk Perusahaan

Belum banyak yang mengetahui apa itu cloud service serta mengapa menggunakannya menjadi penting untuk memudahkan pekerjaan, terutama di era kerja tanpa tatap muka seperti sekarang. Padahal, dengan menggunakan layanan tersebut, Anda dapat mengerjakan suatu pekerjaan dengan lebih mudah tanpa mengganggu mobilitas. Selain itu, Anda juga dapat lebih mudah berkolaborasi dengan rekan kerja atau tim dalam melakukan suatu pekerjaan.

 

Cloud service merupakan sebuah layanan yang diberikan kepada konsumen melalui koneksi internet dan komputasi awan. Adanya pelayanan ini ditujukan agar perusahaan dapat lebih mudah, cepat, serta murah dalam melakukan kegiatan tanpa memerlukan infrastruktur yang rumit. Dengan menggunakan cloud service, sebenarnya perusahaan dapat lebih menghemat pengeluaran. Contohnya, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih seperti pengadaan server untuk menjalankan kegiatannya. Cukup dengan menggunakan cloud service, kebutuhan server bisa teratasi dengan lebih mudah dan murah.

 

Ada beberapa alasan mengapa penggunaan cloud service menjadi penting, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Pengembangan bisnis lebih baik

Dengan menggunakan cloud service, perusahaan tidak perlu terlalu memikirkan mengenai infrastruktur yang dibutuhkan. Oleh karenanya, perusahaan dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas produk, serta pengembangan bisnis ke depannya.

 

2. Mengurangi biaya

Dengan menggunakan cloud service, Anda dapat mengurangi biaya perawatan atau pembaruan baik software atau hardware. Hal ini karena perusahaan sudah membayar berbagai fasilitas yang disediakan oleh penyedia layanan, sehingga setiap permasalahan seperti perawatan menjadi urusan penyedia jasa.  Bahkan, beberapa penyedia layanan menawarkan fitur berlangganan sesuai dengan kebutuhan. Jadi, perusahaan dapat lebih leluasa mengatur pengeluarannya. Saat perusahaan merasa sudah tidak membutuhkan layanan tersebut, perusahaan dapat berhenti berlangganan sehingga pengeluaran lebih hemat.

 

3. Meningkatkan fleksibilitas

Berhubungan dengan poin sebelumnya, perusahaan bisa saja menghentikan berlangganan dengan suatu layanan jika dirasa sudah tidak membutuhkannya. Tentu, ini akan menambah fleksibilitas perusahaan jika harus mengganti atau menambah lini bisnisnya.

Salah satu cloud service provider Indonesia adalah neuCentrIX. neuCentrIX adalah ekosistem carrier-neutral data center dan solusi serba ada untuk layanan kolokasi, layanan cloud, dan internet exchange.

 

 

 

Adapun membicarakan Cloud tak lepas dari bahasan terkait VPS. Mengingat keduanya seringkali tak sengaja dipertukarkan, padahal berbeda fungsinya. Virtual Private Server (VPS) adalah server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Pengguna dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan melakukan apa pun yang diinginkan.

 

Teknologi yang digunakan VPS adalah virtualisasi hardware server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa resource berbeda. Disebut virtual karena pembagian ini dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan.

 

VPS sendiri memiliki berbagai macam kegunaan, berikut adalah tujuh kegunaan vps :

  • Menampung Trafik Super Tinggi
  • Sebagai Web Hosting Skala Kecil
  • Penyimpanan File Hosting
  • Remote Desktop
  • Sebagai VPN
  • Server Percobaan
  • Private Backup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *