Meninggal pada umur 85 Tahun Profil Aktor Star Wars ‘Darth Vader’ David Prowse

Penggemar film Star Wars berduka. Pasalnya, pemeran Darth Vader dalam trilogi yang asli, David Prowse diberitakan meninggal dunia pada usia 85 tahun. "Dengan penyesalan yang besar dan kesedihan yang menyayat hati kami dan jutaan penggemar di seluruh dunia, kami mengumumkan DAVE PROWSE MBE telah meninggal dunia pada usia 85 tahun," tulis manajemen Bowington di Twitter, Minggu (29/11/2020).

"Semoga kedamaian selalu bersamanya," tulis mantan agen David Prowse, Thomas Bowington dalam pernyataan kepada BBC. "Meski terkenal karena peranya sebagai monster, untuk diriku sendiri dan semua yang mengenal Dave (David Prowse) serta yang bekerja dengannya, dia adalah pahlawan bagi hidup kami," tambahnya. David Prowse lahir dengan nama asli Dave Prowse.

Dave Prowse lahir dalam keluarga kelas pekerja pada 1 Juli 1935 di Bristol, Inggris. Dia dibesarkan oleh sang ibunda, tanpa pernah mengenal sosok sang ayah. Sebagai seorang anak, David Prowse kurang beruntung dan dikenal sebagai siswa miskin.

Ketika dia bertumbuh dewasa, David Prowse menemukan hasrat binaraga dan latihan beban. Setelah menggeluti binaraga beberapa waktu, David Prowse mengikuti kompetisi angkat besi dan tergabung dalam konter Mr Universe. Akhirnya, David memenangkan gelar angkat besi kelas berat Inggris dan memperoleh status sebagai anggota komunitas kebugaran yang sangat dihormati dan dihormati.

Selama periode angkat besi yang kompetitif ini, David berteman dengan aktor Arnold Schwarzenegger dan Lou Ferrigno. Pada saat itu, mereka bukan aktor profesional tetapi pemain saingan. Setelah tampil di berbagai acara olahraga, David Prowse ditawari peran dalam film Casino Royale (1967) sebagai "Monster Frankenstein".

Meski casting didasarkan pada perawakan David Prowse, dia mengembangkan minat yang kuat dalam akting dan memutuskan untuk melanjutkannya lebih jauh. Dari tahun 1967 hingga 1977, David Prowse menikmati karier yang tenang. David Prowse pun sangat sukses dalam film dan televisi dengan membintangi film film seperti A Clockwork Orange (1971), Up Pompeii (1971) dan banyak film Hammer House of Horror.

Pada 1975, popularitas David Prowse sebagai guru kebugaran yang dihormati memberinya peran sebagai Green Cross Code Man. Ia adalah seorang pahlawan super yang dirancang oleh komite keselamatan jalan Inggris untuk mengajarkan keselamatan di jalan raya kepada anak anak. David Prowse menganggap peran ini sangat penting dan telah berkali kali menyatakan,itu mungkin pekerjaan paling berharga yang pernah dia pegang.

Lalu pada 1977 David Prowse menghadiri audisi untuk film berjudul Star Wars. Film tersebut tidak dianggap besar pada saat itu dan audisinya diadakan oleh sutradara George Lucas. Pada pertemuan itu, George menawarkan David Prowse peran Chewbacca atau Darth Vader.

Ia langsung menolak peran Chewbacca dan bersikeras ingin memainkan penjahat utama Darth Vader. George bertanya kepada David Prowse mengapa ingin bermain sebagai Darth Vader. David Prowse menjawab "Semua orang ingat penjahat itu, George."

David Prowse juga memiliki banyak pengalaman bermain penjahat di film film sebelumnya dan peran Darth Vader merupakan pilihan yang jelas. David Prowse memainkan peran Darth Vader untuk keseluruhan trilogi Star Wars asli: Star Wars: Episode IV A New Hope (1977), Star Wars: Episode V The Empire Strikes Back(1980) dan Star Wars: Episode VI Return of the Jedi (1983). Meski David Prowse tidak menyuarakan karakter tersebut.

Star Wars mungkin adalah peran paling penting bagi David Prowse. Peran tersebut menjadikannya sebagai salah satu karakter penjahat paling berkesan sepanjang masa. Ada banyak rumor, perselisihan, dan kabar tentang hubungan David Prowse dengan Star Wars dan stafnya.

Mengenai informasi menyesatkan yang jelas diterima David Prowse tentang suara Darth Vader (dia hanya memerankan secara fisik, suara diisi orang lain), kelalaian promosi dan penganiayaan umum dari Lucasfilm. Perseteruan ini mengakibatkan David Prowse dilarang dari semua acara resmi Star Wars. Sebuah pernyataan dari George Lucas berbunyi, "Dia telah membakar terlalu banyak jembatan."

David Prowse mengklaim, sebagian besar rumor yang beredar mengenai topik tersebut dibuat buat. Ia termasuk dari aktor terhormat yang terlibat dan secara terbuka mengakui dukungannya kepada James Earl Jones sebagai suara Vader. Ia mengklaim film Lucas terlalu peduli dengan menjaga karakter Vader daripada membiarkan David Prowse menerima pujian yang pantas.

Topiknya dibahas secara rinci, dalam otobiografi David "Straight from the Force's Mouth (Langsung dari Mulut Angkatan)". Setelah Star Wars, David Prowse terus bekerja di televisi dan film, membuat banyak penampilan dengan Benny Hill yang legendaris. Dia melanjutkan tur sebagai Green Cross Code Man dan menjadi pelatih kebugaran pribadi banyak selebriti termasuk Daniel Day Lewis dan Vanessa Redgrave .

David Prowse telah setia kepada penggemar Star Wars dan berpartisipasi dalam sejumlah film penggemar sebagai berbagai karakter spoofing Star Wars. Menjelang akhir periode akting David Prowse yang sibuk, kesehatannya menurun karena radang sendi yang parah. Sakit itu membuat David Prowse tidak dapat berdiri untuk waktu yang lama dan menimbulkan rasa sakit yang menyiksa pada lutut dan pinggulnya.

Menjalani pengobatan dengan operasi penggantian pinggul, ditemukan bahwa David mengidap kanker prostat pada 2009. Setelah serangkaian perawatan radioterapi di Royal Marsden Hospital di London, David Prowse sembuh total dalam waktu yang sangat singkat. David Prowse dianugerahi M.B.E atau Anggota Ordo Kerajaan Inggris dalam Daftar Kehormatan Milenium Ratu atas kontribusinya pada amal dan juru bicara untuk keselamatan jalan, penyandang cacat dan berbagai amal lainnya.

Dari 2004, David Prowse mulai menulis otobiografinya yang berjudul "Straight from the Force's Mouth" yang mencakup kariernya di dunia showbiz dan mendokumentasikan akun buku harian yang belum diedit dari produksi Star Wars. Buku itu diterbitkan secara resmi dalam hardback oleh Apex Publishing pada tahun 2011. David Prowse melakukan tur Eropa untuk menghadiri penandatanganan buku dan penampilan pribadi.

Selama kariernya, antara akting dan tur dunia baik sebagai Green Cross Code Man dan David Prowse, David Prowse telah melatih aktor untuk film termasuk Christopher Reeve untuk Superman (1978). Lalu, menulis buku kebugaran "Fitness is Fun", mendukung amal dan bahkan menjadi kepala pusat kebugaran bagi superstore Harrods. David Prowse baru baru ini menghabiskan waktunya untuk menghadiri acara tidak resmi Star Wars, konvensi, dan acara film di mana dia menandatangani foto, berbicara kepada para penggemar dan banyak diminati sebagai pembicara publik di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *