Alergi terhadap dingin adalah reaksi yang terjadi dalam beberapa menit setelah kulit terpapar dingin, baik dari air maupun udara. Hal ini bisa disebabkan oleh cuaca dingin, berada di ruangan ber-AC, berenang atau setelah mengonsumsi air dingin di pagi hari. Selain itu, ciri ciri alergi dingin bisa muncul saat Anda menangani makanan dan minuman dingin. Berikut ini ciri yang paling sering dikeluhkan.

1.   Bentol Merah

Tanda alergi dingin yang paling terlihat adalah ruam merah disertai rasa gatal. Alergi dingin ini tidak serta-merta hilang ketika penderita berpindah ke lingkungan yang lebih hangat. Pada beberapa kasus, kulit menjadi merah dan gatal, serta bisa semakin parah dan berlangsung selama 24 jam atau bahkan beberapa minggu.

Ketika Anda alergi dingin, sel darah putih melepaskan histamin ke dalam aliran darah. Akibatnya, tubuh memicu respons peradangan yang menyebabkan ruam, gatal, dan perubahan kulit lainnya yang biasa terjadi pada alergi dingin.

2.   Bengkak

Salah satu ciri alergi dingin adalah pembengkakkan pada tangan atau kaki setelah kontak dengan benda dingin. Gejala alergi dingin juga bisa berupa pembengkakkan di bagian tubuh lain, seperti hidung, bibir, atau mata. Pembengkakan dapat terjadi saat udara dingin terhirup dan terkena kulit.

Sistem kekebalan menganggap paparan dingin sebagai berbahaya dan merespons dengan melepaskan histamin. Kemudian menyebabkan kebocoran di bawah jaringan kulit sehingga menyebabkan pembengkakan. Jika pembengkakan terasa semakin parah dan menyakitkan, segera ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

3.   Anafilaksis

Gejala alergi dingin biasanya tidak mengancam jiwa. Namun, saat Anda terkena suhu dingin yang ekstrem, tubuh melepaskan banyak histamin dalam waktu singkat. Reaksi ini kemudian dapat memicu anafilaksis.

Anafilaksis menyebabkan sistem kekebalan tubuh melepaskan bahan kimia yang dapat menyebabkan syok, termasuk penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, penyempitan saluran udara, penurunan detak jantung, mual dan muntah, bahkan pingsan. Segera pergi ke rumah sakit jika Anda memiliki gejala atau melihat seseorang yang memiliki gejala anafilaksis.

Itulah ciri ciri alergi dingin yang umum dirasakan. Alergi dingin tidak mengenal usia dan bisa sembuh sendirinya. Namun, Anda juga bisa mengatasinya dengan obat khusus jika sudah tak tertahankan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *