Simak Cara Menggunakannya Manfaat Clay Mask bagi Kesehatan Kulit

Clay mask merupakan masker yang berasal dari abu vulkanik ataupun sedimen yang kaya akan mineral, seperti kalsium, magnesium, dll. Clay mask berbeda dengan masker lumpur. Keduanya memiliki fungsi untuk mengangkat kotoran pada kulit.

Namun, clay mask lebih fokus mengangkat minyak berlebihan di wajah serta mencegah timbulnya jerawat dan komedo. Clay mask sangat mudah digunakan. Menggunakan clay mask rutin ke wajah akan menghilangkan minyak berlebihan yang keluar dari pori pori Anda.

Jikan kulit Anda berminyak alami, oleskan clay mask secara teratur sekali atau dua kali seminggu untuk membantu mengatasi minyak berlebihan. Lotion yang mengandung sejenis lempung bentonit yang disebut quaternium 18 bentonite berpotensi mengurangi gejala dermatitis yang disebabkan oleh poison ivy dan poison oak . Menerapkan bentonit ke ruam popok juga terbukti lebih efektif daripada pengobatan calendula tradisional.

Tidak ada penelitian yang meneliti clay mask sebagai pengobatan untuk gangguan kulit lain seperti psoriasis, rosacea, dan eksim. Namun, banyak orang mengklaim clay mask membantu mengatasi gejala mereka. Penelitian sumber tepercaya telah menemukan clay bentonit dapat membantu mengobati bisul dan luka.

Penelitian pada hewan menunjukkan clay mask dapat meningkatkan produksi serat kolagen, yang dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan kekencangan kulit. Clay merah terkadang direkomendasikan untuk kulit kering. Menurut sebuah studi tahun 2016 , ketika clay mengeras, akan menciptakan lapisan yang dapat membantu kulit Anda mempertahankan kelembapan.

Namun, para peneliti menemukan penggunaan clay mask dalam jangka pendek tidak menyebabkan perubahan signifikan pada kekencangan kulit. Penggunaan clay mask yang berlebihan juga berpotensi membuat kulit lebih kering. Jika Anda sudah memiliki kulit kering, Anda mungkin ingin membatasi penggunaan clay mask maksimal sekali seminggu.

Clay biasanya memiliki muatan listrik negatif. Penelitian menunjukkan muatan negatif ini dapat membantunya mengikat racun bermuatan positif dan logam berat seperti merkuri dan timbal yang ditemukan dalam pencemaran lingkungan. Berikut cara mengaplikasikan clay mask hijau dasar:

Ambil clay mask berukuran seperempat dari wadahnya. Ratakan clay mask di seluruh wajah Anda. Mulailah dari leher atas dan lanjutkan ke wajah.

Biarkan selama sekitar 15 menit. Hapus masker menggunakan air hangat atau kain penutup wajah yang lembap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *