5 Keuntungan yang Akan Kamu dapat dengan Berinvestasi di Platform Crowdfunding

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari crowdfunding Indonesia. Setidaknya menghasilkan sejumlah manfaat yang bisa didapat dengan mudah. Setidaknya dengan banyaknya orang yang terlibat dalam crowdfunding akan menciptakan suatu forum bisnis yang prospektif. Menariknya pengusul proyek juga dapat berinteraksi secara langsung dengan audiens atau calon investor. Kentungan crowdfunding dibandingkan dengan pendanaan modal lainnya adalah cukup dilakukan secara online saja. Dengan begitu, kita tak perlu lagi bersusah-payah untuk menghubungi calon penanam modal.

1. Platform berbasis online

Cukup dengan proposal usaha yang sudah dilampirkan di situs crowdfunding maka dapat dipastikan kalau usaha tersebut dapat segera didanai. Terlebih apabila usaha itu memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan. Dengan mekanisme secara online tentu saja akan menghemat tenaga, waktu, dan biaya sehingga metode online ini dipercaya menjadi cara paling efektif untuk mendapatkan modal saat menjalankan ataupun mengembangkan usaha.

2. Suku Bunga yang kompetitif

Keuntungan berikutnya adalah suku bunga yang kompetitif. Tidak seperti bank atau lembaga keuangan yang menawarkan jasa pinjaman lainnya, crowdfunding menyediakan suku bunga yang sangat kompetitif bagi pelaku bisnis. Dengan investasi mulai 100 ribu, investor akan mendapatkan bunga berkisar 6,48% -17% per tahun yang sifatnya flat. Dengan kata lain, suku bunga yang dibayarkan setiap tahunnya akan selalu sama. Keuntungan selanjutnya adalah proses yang relatif mudah, singkat, dan aman. Untuk proses pendaftaran di situs crowdfunding saja terbilang mudah dan cepat. Jadi ini juga yang menjadi daya tarik dari crowdfunding.

3. Situs dijamin Aman

Lantas bagaimana dengan tingkat keamanan data pada platform investasi 100 ribu ini? Tidak perlu khawatir, karena data yang dilampirkan di situs crowdfunding dijamin aman sehingga informasi mengenai pemilik modal ataupun pelaku bisnis tidak dapat dibobol oleh siapa pun. Sebab situsnya sudah dijamin keamanannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Tidak perlu tatap muka

Adapun keuntungan yang paling menonjol dari crowdfunding adalah pencarian modal lewat platform tidak perlu uang muka atau jaminan. Sebab platform crowdfunding memberikan keleluasaan bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan modal tanpa harus menyediakan uang muka atau pun jaminan berupa harta benda kepada situs itu sendiri. Ada pun hal terpenting adalah pelaku bisnis sanggup membayar modal yang diberikan, proses pendanaan pun akan tetap berjalan lancar sesuai kesepakatan di awal.

5. Risiko Crowdfunding

Meski memiliki sejumlah keuntungan, namun juga memiliki sejumlah risiko. Misalnya adanya ketidakpastian, asimetri informasi yang tinggi baik untuk pencipta usaha maupun bagi investor itu sendiri. Asimetri informasi itu sendiri adalah ketidakseimbangan informasi yang dimiliki oleh manajemen perusahaan dan pemegang saham perusahaan.

Berikut ini ada sejumlah risiko yang patut Anda waspadai. Pertama terkait reputasi pencipta yang terancam. Kegagalan dalam sebuah proyek yang didanai secara masal atau pun melalui investor individu tentu akan merusak citra serta reputasi dari pencipta atau pemilik bisnis. Risiko kedua adalah kemungkinan adanya pencurian ide usaha. Para penggagas kerapkali dihadapkan pada dilema. Di satu sisi mereka diwajibkan untuk merilis produk mereka ke publik pada saat awal pendanaan, sementara di sisi lain mereka juga khawatir ide yang belum dipatenkan itu dicuri oleh oknum lain yang tidak bertanggungjawab.

Risiko lainnya adalah investor akan merasa kelelahan. Sebab jika jaringan atau investor yang sama dihubungi secara terus menerus terkait pengembangan usaha maka dikhawatirkan investor tersebut akan bosan dan berhenti menjadi penyandang dana proyek Anda. Lalu yang tak kalah pentingnya adalah risiko terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan dana. Sebab tanpa adanya peraturan yang mengikat maka dikhawatirkan dana yang terkumpul tidak digunakan sebagaimana mestinya. Alih-alih untuk usaha, ternyata digunakan untuk kepentingan pribadi.

Jadi kesimpulannya, crowdfunding memang memiliki banyak manfaat dan merupakan sarana meningkatkan modal secara kolektif dengan hasil yang relatif cepat. Namun harap juga dicermati dibalik keunggulan itu semua, ada beberapa risiko yang patut dipertimbangkan ketika kita akan menggunakan crowdfunding untuk kebutuhan pendanaan usaha.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *