5 Tips Manajemen Keuangan Restoran Franchise

Bisnis restoran dalam bentuk franchise saat ini masih jadi pilihan banyak orang. Selain lebih praktis, jenis bisnis franchise juga lebih mudah untuk dikelola oleh pemula. Ada bimbingan dari tim yang siap membantu promosi bisnis tersebut. Selain itu brand juga sudah terbentuk jadi jauh lebih mudah menjangkau konsumen. Anda juga bisa mendapat dukungan software kasir yang mempermudah operasional.

Keuangan Restoran Franchise

Agar bisnis restoran franchise ini bisa berkembang pesta, maka Anda harus mengelola keuangannya secara optimal. Pengelolaan keuangan ini memang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah bisnis. Berikut adalah beberapa tips manajemen keuangan restoran franchise yang bisa Anda terapkan:

1. Catat Uang Masuk dan Keluar

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah mencatat uang masuk dan keluar. Dalam pengelolaan sebuah bisnis, penting sekali untuk merekam semua uang yang diperoleh dan uang yang digunakan. Ini akan mempermudah Anda dalam menentukan nilai laba maupun rugi. Secara sederhana, jika uang masuk lebih besar dari uang keluar maka Anda menerima laba dan begitu juga sebaliknya.

2. Gunakan Rekening Terpisah

Selanjutnya silakan buka akun rekening secara terpisah untuk keperluan pribadi dan kepentingan bisnis. Hal ini juga penting untuk dilakukan agar Anda bisa mengelola dana bisnis secara akurat tanpa bocor. Pastikan transaksi bisnis semuanya dilakukan lewat rekening bisnis. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah cek mutasi rekening dan mengetahui arus kas keluar maupun masuk tanpa tercampur transaksi pribadi.

3. Sisihkan Keuntungan

Pastikan kamu selalu menyisihkan keuntungan yang sudah diperoleh bisnis tersebut. Besar keuntungan ini harus diperhatikan sesuai dengan peraturan franchise. Apakah masih harus membayar royalti kepada pihak penjual franchise atau memang keuntungan 100% menjadi milik Anda. Setelah tahu berapa nilai keuntungannya, sisihkan dan pakailah untuk kepentingan pengembangan bisnis.

4. Gunakan Software Khusus

Di zaman modern seperti sekarang, para pebisnis sangat disarankan untuk memakai software khusus. Ada software kasir yang bisa mempermudah Anda untuk menyusun pembukuan dan melayani transaksi konsumen. Selain itu Anda juga bisa menggunakan tipe software yang memungkinkan manajemen stok dan pengelolaan operasional bisnis secara efektif.

 

Software seperti ini biasanya akan terintegrasi langsung dengan mesin kasir yang Anda gunakan. Sistem seperti ini sangat mempermudah operasional bisnis dan pelayanan yang diberikan kepada konsumen juga bisa lebih berkualitas. Pembukuan dan manajemen finansial pun jadi jauh lebih mudah untuk dilakukan berkat adanya fasilitas tersebut.

5. Lakukan Evaluasi Berkala

Jangan lupa, lakukan evaluasi berkala untuk memastikan keamanan kondisi keuangan bisnis Anda. Evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan laporan keuangan bulanan sebagai acuan. Inilah mengapa Anda sangat direkomendasikan untuk memakai software khusus yang mempermudah pembukuan secara otomatis. Dengan begitu proses evaluasi bisa berjalan lebih mudah dan hemat waktu.

 

Di tengah perkembangan zaman seperti sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan software kasir Olsera untuk mengelola bisnis. Software ini menawarkan banyak fitur yang bermanfaat dalam manajemen keuangan serta pengelolaan operasional bisnis. Anda bisa membuat laporan keuangan dengan mudah dan melihat rekaman arus kas masuk maupun keluar.

Daftar sekarang juga di layanan Olsera untuk menikmati berbagai fitur yang disediakan. Olsera sudah terintegrasi dengan Tokopedia dan memperkenalkan fitur terbaru Akunting Olsera. Sistem yang sudah terintegrasi ini akan sangat mempermudah Anda dalam mengelola bisnis maupun melayani konsumen. Progress bisnis Anda jadi jauh lebih cepat berkat adanya sistem yang canggih seperti Olsera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *