7 Cara Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus dicegah sejak dini. Pencegahan dapat dilakukan melalui kontrol pola hidup yang baik. Untuk dapat mengecek tekanan darah ini, diperlukan alat pengukur tensi darah agar pengukuran bisa akurat.

Darah tinggi merupakan satu dari penyakit yang memiliki penderita terbanyak dengan resiko yang hampir dimiliki setiap orang dewasa. Selain memiliki alatnya, penting untuk mengetahui apa-apa saja yang dapat mengurangi darah tinggi.

1. Olahraga

Yang utama dan pertama adalah olahraga. Dalam setiap gangguan penyakit apapun, olahraga merupakan elemen penting yang tidak boleh dilupakan. Olahraga akan membantu dalam menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Selain itu, jantung akan lebih kuat dan efisien dalam mengedarkan darah ke tubuh. Lakukanlah olahraga setiap hari setidaknya 30 menit atau menyesuaikan dengan kemampuan tubuh kamu.

2. Kurangi Natrium

Kandungan natrium yang berlebihan akan membuat tekanan darah lebih tinggi. Untuk konsumsi produk mengandung natrium seperti garam, camilan kaleng, dan makanan ringan, haruslah mulai dikurangi. Lakukanlah diet rendah garam dengan hanya mengonsumsi sebanyak 1500 sampai 2000 mg garam per harinya.

3. Kurangi Stress

Stress adalah salah satu pemicu darah tinggi. Untuk mengurangi darah tinggi, hindarkan pikiran dan tubuh dari stress. Kamu bisa mengalihkan stress pada hal yang bermanfaat seperti melakukan hobi kesukaanmu, agar stress berkurang dan tekanan darahpun bisa kembali normal.

4. Stop Rokok dan Alkohol

Penting untuk disadari jika asap rokok adalah pemicu dari banyak penyakit termasuk darah tinggi. Kandungan berbahaya dalam rokok akan membuat darah tinggi semakin parah. Begitu juga pada alkohol. Jadi jika kamu ingin mencegah darah tinggi, segera hentikan konsumsi rokok ataupun alkohol.

5. Makanan Sehat

Makanan yang dianjurkan dalam pencegahan darah tinggi adalah mentimun, sayuran hijau, buah beri, buah bit, susu skim, yoghurt, dan juga wortel. Makanan sehat tadi adalah yang paling sering direkomendasikan karena sudah dikenal khasiatnya yang efisien dalam pencegahan darah tinggi. Namun makanan sehat sayur dan buah lainnya tetaplah bisa dikonsumsi.

6. Kurangi Gula

Sebuah penelitian menemukan jika gula dapat menjadikan tinggi tekanan darah. Perempuan dengan konsumsi segelas soda tiap hari memiliki resiko lebih tinggi dengan perempuan yang kurang dari segelas soda setiap harinya. Gula dalam coklat juga termasuk yang harus dihindari.

7. Makanan Kaya Kalsium dan Magnesium

Makanan seperti kacang-kacangan, sarden, sayur hijau, susu, dan sebagainya dengan kandungan kalsium, magnesium adalah cara yang baik untuk mencegah darah tinggi. Selain itu, dengan konsumsi magnesium, pembuluh darah akan lebih rileks.

Agar pencegahan darah tinggi lebih optimal, lakukanlah pemeriksaan tensi darah setiap hari dengan alat khususm salah satunya dari brand omron yang sudah terkenal dengan kualitas dan akurasi yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *