8 Jenis Investasi yang Cocok untuk Keluarga Muda

Pilih investasi yang paling sesuai dengan kebutuhan keluarga Moms, ya. Investasi yang cocok untuk keluarga muda wajib Moms dan Dads ketahui, sebab ada banyak faktor darurat yang bisa mengganggu rencana keuangan yang sudah disusun.

Menikah dan membangun keluarga mungkin bukan hal sulit. Tapi, bagaimana dengan membangun keluarga sejahtera?

Banyak keluarga muda yang mengalami masalah finansial karena tidak merencanakan keuangan dengan baik.Jangankan memiliki rumah dan tabungan masa depan, tidak jarang keluarga muda yang justru masih terlilit utang yang tidak kunjung lunas.

Nah, sebelum hal itu terjadi, sebaiknya Moms dan Dads melakukan perencanaan keuangan yang matang.Selain itu, Moms dan Dads juga harus mulai memikirkan investasi untuk mewujudkan resolusi finansial keluarga.Misalnya, memiliki rumah, memiliki kendaraan, biaya pendidikan anak, hingga kelahiran anak kedua dan seterusnya.

Kira-kira, investasi apa saja yang cocok untuk keluarga muda? Yuk kita cari tahu Moms!

  1. Saham

Belakangan, berinvestasi di saham sedang sangat populer.Main saham juga tidak perlu modal besar, bisa hanya dengan Rp 100 ribu.Namun, jika Moms atau Dads sudah memahami investasi saham, tidak ada salahnya untuk berinvestasi lebih.Sedikit mengambil risiko tidak ada salahnya, tapi tetap harus diperhitungkan ya, Moms.

  1. Properti

Properti juga merupakan investasi yang menjanjikan. Harga properti dari waktu ke waktu tidak pernah turun.Sebaliknya, harganya bisa berlipat ganda hanya dalam hitungan tahun.Jika Moms dan Dads sudah memiliki rumah pribadi, tidak ada salahnya membeli rumah untuk investasi.

  1. Tabungan

Moms dan Dads yang tidak punya modal cukup besar untuk berinvestasi properti atau saham, tabungan sia jadi solusi.Coba pilih fasilitas tabungan berjangka yang waktunya bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan Moms.Tabungan berjangka umumnya punya bunga yang lebih besar ketimbang tabungan biasa.Investasi jenis ini sangat cocok untuk Moms dan Dads yang memiliki gaji bulanan.

  1. Deposito

Jika Moms dan Dads punya dana yang cukup besar, tidak ada salahnya membuka deposito.Jangka waktunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Moms.Nah, investasi deposito ini juga punya bunga yang lebih besar ketimbang tabungan atau tabungan berjangka.

  1. Logam Mulia

Logam mulia juga jadi salah satu investasi favorit. Investasi emas terbilang aman karena harganya stabil.Kalaupun naik atau turun, tidak akan melonjak tajam.Emas batangan kini sudah lebih mudah didapatkan. Pastikan Moms membelinya di tempat terpercaya ya!

  1. Bisnis Kecil

Bisnis adalah jenis investasi lain yang bisa Moms dan Dads lakukan.Bisnis kecil-kecilan yang berawal dari hobi sangat menjanjikan lho, Moms.Tapi ingat, Moms dan Dads harus punya komitmen yang tinggi untuk mengurus bisnis tersebut.

  1. Asuransi Jiwa

Nah, pilihan investasi terakhir adalah asuransi jiwa.Jika Moms dan Dads menabung saat saat mulai berkeluarga, pastikan tabungan tersebut dilindungi asuransi.Dengan begitu, ketika ada kejadian mendadak, seperti meninggal dunia atau jatuh sakit, Moms dan Dads tidak perlu khawatir soal tabungan.

  1. Peer to Peer Lending

Di era digital ini, peer to peer (P2P) lending menjadi salah satu instrumen investasi yang kian banyak diminati karena aksesnya semakin mudah. P2P lending merupakan instrumen investasi yang berbasis pinjaman, dari pemberi pinjaman kepada penerima pinjaman.

Perlu kamu ketahui, instrumen ini terdiri dari dua jenis, yaitu produktif dan konsumtif. Jenis P2P produktif digunakan untuk mendanai kebutuhan bisnis, sedangkan P2P konsumtif untuk mendanai pinjaman yang bersifat konsumtif.

Saat ini telah banyak berkembang aplikasi p2p lending paling menguntungkan yang menjadi wadah untuk mempertemukan kedua pihak yang terkait. Jadi, kamu lebih mudah untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman. Salah satunya adalah Amartha.com

Itulah beberapa pilihan investasi yang cocok untuk keluarga muda dalam mewujudkan resolusi finansial. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *