5 Manfaat Konsumsi Pepaya Bagi Ibu Hamil, Bisa Kurangi Rasa Mual Dan Muntah

Ada begitu banyak manfaat buah pepaya untuk ibu hamil. Manfaat buah pepaya kerap kali diabaikan oleh para ibu hamil. Sebab, banyak anggapan mengatakan, buah pepaya mampu membahayakan janin. Padahal buah-buahan merupakan salah satu sumber nutrisi penting bagi ibu hamil.

Bukan tanpa alasan yang tak jelas. Buah-buahan memiliki sejumlah kandungan yang sangat bagus untuk kehamilan. Mulai dari vitamin, mineral, serat hingga asam folat. Tak terkecuali pada buah pepaya. Lantas apa saja manfaat buah pepaya untuk ibu hamil?

Melansir dari laman hellosehat, Kamis (22/4), simak ulasan informasinya berikut ini.

1. Mencegah Morning Sickness

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang pertama adalah bisa membantu mencegah morning sickness. Rasa mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil inilah yang dinamakan morning sickness.

Morning sickness biasanya akan sangat mengganggu para ibu hamil, terutama dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Apalagi saat ibu hamil baru masuk trimester pertama.

Untuk mencegahnya, para ibu hamil bisa mencoba mengonsumsi buah pepaya. Bunda bisa mengonsumsi buah pepaya yang sudah matang. Hal ini lantaran buah pepaya memiliki kandungan kalium di dalamnya. Namun perlu diingat, konsumsilah dengan jumlah yang tepat.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang ketiga adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Tahukah kalian, mengonsumsi buah pepaya efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan. Khususnya bagi ibu hamil. Namun perlu diingat, konsumsi buah pepaya yang sudah matang.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Neuro Endocrinology Letters, buah pepaya mampu mencegah sejumlah masalah pencernaan. Mulai dari kembung, sembelit hingga maag.

Tak hanya itu, buah pepaya juga memiliki kandungan serat yang banyak. Di mana serta sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu dalam mencerna makanan.

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh adalah salah satu manfaat buah pepaya untuk ibu hamil. Buah pepaya diketahui mempunyai kandungan vitamin yang cukup banyak. Selain itu, buah pepaya juga mengandung kaya akan antioksidan.

Kedua kandungan inilah yang sangat penting bagi tubuh. Melansir dari The British Journal of Nutrition, kandungan antioksidan karotenoid dalam buah pepaya lebih tinggi dibanding dengan buah lainnya.

Karotenoid sendiri sangat ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Kandungan antioksidan ini juga bisa membantu mencegah munculnya penyakit akibat infeksi virus serta radikal bebas.

4. Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu meningkatkan kadar hemoglobin seseorang. Terutama pada ibu hamil.

Tahukah kalian, hemoglobin memiliki peranan penting dalam membantu penyebaran sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Jika kadar hemoglobin dalam darah rendah, ibu hamil bisa mengalami anemia.

Untuk mencegahnya, para ibu hamil bisa mencoba mengonsumsi buah pepaya. Ingat, buah pepaya nya harus yang sudah matang dan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

5. Kurangi Risiko Komplikasi Kehamilan

Komplikasi kehamilan memang bisa menyerang kepada ibu hamil. Tentu hal itu menjadi momok menakutkan bagi ibu hamil. Jangan khawatir, ibu hamil bisa mencegahnya dengan mengonsumsi buah pepaya yang sudah matang.

Bukan tanpa alasan yang tak jelas. Buah pepaya mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang akan membantu mencegah risiko ibu hamil mengalami komplikasi kehamilan.

Ada berbagai jenis komplikasi yang kerap terjadi pada ibu hamil. Misalnya seperti preeklampsia atau tekanan darah tinggi saat hamil. Tidak hanya itu, diabetes gestasional atau gula darah tinggi saat hamil, keguguran serta bayi lahir prematur juga termasuk komplikasi yang sering terjadi saat hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *