Catat, Beberapa Hal Penting Sebelum Gunakan Aplikasi untuk Transfer Uang

Dalam memudahkan mengirim uang dari satu pengguna ke pengguna lain, kini telah hadir aplikasi transfer uang gratis yang bisa menjadi pilihan bagi kalangan masyarakat Indonesia. Selain dinilai lebih cepat dan praktis, Anda yang menggunakan aplikasi ini juga akan bebas biaya karena memang tidak dikenakan biaya admin saat bertransaksi. Kendati demikian, sebelum menggunakan aplikasi ini Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting sebagai berikut. 

Gunakan aplikasi transfer uang yang aman dan terpercaya

Sebelum menggunakan aplikasi untuk  melakukan transaksi transfer uang, pastikan lebih dulu bahwa aplikasi yang dipilih memang sudah terbukti aman dan terpercaya. Di sini, Anda bisa melakukan riset terhadap aplikasi tersebut dengan melihat apakah aplikasi yang akan digunakan tersebut memang sudah terdaftar, berlisensi, dan tentu saja sudah diawasi oleh pihak Bank Indonesia atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau justru sebaliknya. 

Selalu jaga kerahasiaan PIN

Umumnya, setiap aplikasi finansial memerlukan PIN untuk memastikan keamanan saat bertransaksi. Dalam hal ini, ada baiknya bagi Anda untuk membuat nomor PIN yang lebih sulit ditebak untuk meminimalisir penggunaan kombinasi angka yang memang sudah pernah dipakai sebelumnya. Jika sudah, maka Anda juga penting untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN dengan cara mengganti password atau nomor PIN secara rutin agar tidak mudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Jangan pernah memakai WiFi publik

Agar terhindar dari adanya pencurian data pribadi, maka alangkah lebih baiknya bagi Anda untuk menghindari pemakaian WiFi publik yang biasa digunakan oleh banyak orang. Ketika akan menggunakan aplikasi transfer uang, ada baiknya Anda menggunakan jaringan internet pribadi untuk mengantisipasi adanya pencurian data yang tidak diinginkan. Sehingga, data pribadi Anda akan aman dan terhindar dari pencurian data yang merugikan diri sendiri.

Pastikan saldo uang cukup 

Sebelum melakukan proses transfer uang antar bank ke pengguna lain, sebaiknya Anda selalu cek kembali saldo uang yang dimiliki. Meskipun cara ini terbilang sepele, akan tetapi hal ini penting dilakukan. Hal ini karena jika saldo Anda tidak cukup untuk melakukan transaksi, maka Anda nantinya tidak bisa melakukan transaksi transfer uang. Terlebih lagi, ada beberapa layanan aplikasi yang memiliki kebijakan tersendiri mengenai batas saldo minimum untuk bisa melakukan transaksi transfer.

Cek kembali rekening dan kode transfer bank tujuan

Selalu cek kembali rekening dan kode transfer bank tujuan sebelum benar–benar melakukan transfer antar bank. Untuk memudahkan dalam proses transfer, Anda bisa memanfaatkan fitur dari aplikasi tersebut supaya menghindari adanya kesalahan transfer yang merugikan.

Jadi, itulah tadi beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dan simak baik – baik sebelum menggunakan aplikasi untuk transfer uang agar selalu aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *