Pengertian dan Cara Meningkatkan Sistem Keamanan Gedung

Seiring dengan perubahan zaman, manusia sekarang memerhatikan semua aspek dalam kehidupannya seperti kesehatan hingga keamanan. Untuk aspek keamanan sendiri sudah dianggap penting oleh berbagai kalangan. Mulai dari fasilitas umum seperti pasar, sekolah, mall sampai rumah pribadi untuk selalu aman dan terlindungi.

Dengan adanya kebutuhan pada keamanan ini menjadi dasar hadirnya sistem keamanan  gedung salah satunya adalah sistem keamanan gedung berlapis. Tapi di lapangan, tidak semua gedung memiliki sistem keamanan berlapis yang baik agar para penghuni merasa aman di dalam bangunan. Contoh kejadian yang tidak diharapkan seperti pencurian, perampokan, kebakaran gedung dan sebagainya masih sering terjadi. Maka dari itu, para pengelola gedung diharapkan untuk serius dalam melakukan berbagai upaya meminimalisir risiko yang ada.

Sistem keamanan gedung menjadi hal yang penting dan harus diterapkan sebagai fasilitas keamanan dan kenyamanan bagi para pemakai gedung.(apkpi.co.id). Nah, kira-kira apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan sistem keamanan gedung? Berikut ada empat hal yang bisa dilakukan yang sudah dirangkum di artikel ini.

1. Desain Ulang Sistem Keamanan

Bukan hanya denah dan desain gedung yang mungkin saja selalu berubah, pastikan apakah sistem keamanan yang digunakan di dalam gedung mengalami perkembangan atau tidak. Jadi, kamu juga harus memastikan apakah perangkat pendukung seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sudah terpasang dan harus ada di sisi strategis yang mudah dijangkau. Selain itu, pertimbangan untuk mendesain ulang sistem keamanan juga harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman, seperti sekarang misalnya gedung-gedung sudah mulai menempatkan thermal detector untuk pemeriksaan suhu bagi para tamu yang datang.

2. Sumber Daya Manusia Yang Cakap

Dengan adanya perkembangan teknologi, harus diimbangi pula dengan kecakapan para sumber daya manusia untuk bisa mengetahui teknologi tersebut. Pastinya tidak mau kan ada hal yang terjadi akibat kelalaian dari operator yang tidak bisa mengartikan tanda-tanda peringatan dari sistem keamanan seperti kebakaran ataupun ada pencurian.

3. Disiplin Dalam Menegakkan SOP Pengamanan

Sistem keamanan akan berfungsi dengan baik apabila setiap orang mematuhi peraturan keamanan gedung untuk menjamin keselamatan setiap orang dan aset yang ada di gedung. (suara.com). Jadi dengan adanya kepatuhan dalam sistem keamanan tidak hanya dilakukan oleh para petugas keamanan tetapi juga oleh seluruh orang yang terlibat di dalam gedung tersebut seperti pengunjung, pekerja, ataupun penghuni. Pastinya tidak mau kan terjadi kelalaian yang bisa merugikan semua pihak hanya karena tidak disiplin terhadap SOP.

4. Sistem Keamanan Yang Berintegrasi

Seperti yang sudah diketahui, gedung merupakan bangunan yang sangat kompleks dengan jumlah penghuni yang tidak sedikit. Dengan adanya hal ini, harus diterapkan sistem keamanan yang berintegrasi untuk memudahkan pengawasan dan kontrol pada gedung. Misalnya adanya pintu yang bisa terbuka otomatis apabila terjadi kebakaran di dalam gedung.

Demikian empat hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem keamanan pada gedung. Jika masih ada hal yang ingin diketahui lebih lanjut mengenai sistem keamanan gedung, kamu bisa menghubungi perusahaan yang dapat membantu permasalahan pada sistem keamanan gedung seperti SECOM.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *