Majalah Berita Terpercaya

Ciri Tumbuh Kembang Janin Sehat yang Wajib Anda Ketahui

Memiliki buah hati merupakan dambaan bagi bunda. Apalagi saat mengalami proses mengandung, pasti tidak sabar untuk segera bertemu dengan bayi Anda. Lalu, bagaimana proses tumbuh kembang janin yang baik. Simak ciri-cirinya berikut!

 

  • Masa Kehamilan 1 Bulan

 

Pada masa ini, buah hati Anda masih berupa embrio dengan ukuran sebesar kacang hijau. Sebab, calon janin tadi yang ada di dalam perut sedang dalam masa pembentukan. Pada fase ini sangatlah rawan, sehingga Anda harus hati-hati bila tidak ingin kehilangan calon bayi ini.

 

  • Masa Kehamilan 2 Bulan

 

Setelah usia 2 bulan, embrio yang berada di rahim berkembang dengan pesat. Baik jaringan tubuh dan berbagai organ seperti mata, hidung, otak, dan mulut mulai terbentuk. Namun, memiliki bentuk yang masih sangat kecil.

 

  • Masa Kehamilan 3 Bulan

 

Pada masa usia 3 bulan, perut Anda semakin membesar. Hal ini pertanda semua organ vital dan tulang telah terbentuk dan berfungsi dengan sempurna. Namun, di masa ini, bayi belum dapat mengaktifkan panca inderanya dan membuka mata.

 

  • Masa Kehamilan 4 Bulan

 

Saat memasuki usia 4 bulan, bayi telah mulai bisa bergerak, mendengarkan suara serta tertidur. Bahkan, bayi yang ada di dalam kandung bisa bermimpi seperti saat sudah lahir. Pada masa ini, bayi telah bisa diketahui jenis kelaminnya.

 

  • Masa Kehamilan 5 Bulan

 

Memasuki masa kehamilan 5 bulan, baik berat badan maupun tinggi janin sangat berkembang. Hal ini terlihat dari adanya tulang rawan pada janin berubah jadi tulang keras. Tahapan ini diikuti juga dengan adanya pertumbuhan lapisan lemak yang berfungsi menjaga suhu tubuh saat lahir.

 

  • Masa Kehamilan 6 Bulan

 

Perkembangan janin di masa ini ditandai dengan bisa terlihat secara jelas jenis kelamin bayi. Meskipun demikian, tergantung dengan posisi juga. Sehingga, bisa saja menyulitkan identifikasi jenis kelamin. Pada masa ini, mata bayi mulai berkembang, sehingga sensitif terhadap adanya cahaya.

 

  • Masa Kehamilan 7 Bulan

 

Saat Anda hamil 7 bulan, sistem tubuh dan organ janin telah hampir sempurna. Sehingga, Anda bisa merasakan saat janin tidur maupun tertidur. Hal ini ditandai dengan adanya gerakan sadar seperti menghisap jempol.

 

  • Kehamilan 8 Bulan

 

Kehamilan 8 bulan disebut juga dengan tahap pematangan. Pada tahap ini, dipengaruhi adanya ukuran dan berat badan janin. Ditambah lagi, janin sudah mulai berputar untuk menuju arah jalan keluar. Dengan demikian, Anda sudah bisa merasakan perkembangan janin.

 

  • Kehamilan 9 Bulan

 

Masa ini merupakan tahap penyempurnaan di antara masa lainnya. Sehingga, semua organ tubuh pada janin telah berfungsi. Kepala janin juga telah masuk menuju panggul ibu. Inilah sebagai tanda janin telah ingin keluar.

Demikian tahapan tumbuh kembang janin di rahim Anda. Setiap tahapan memiliki proses masing-masing. Pada awal kehamilan Anda patut lebih memperhatikan sebab merupakan masa yang paling rawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *