Ini Penyakit yang Bisa Muncul saat Kurang Tidur Sayangi Tubuhmu dari Sekarang

Namun, terkadang masalah jam tidur justru jadi kendala utamanya terlebih jika milikk segudang aktivitas yang padat. Jam tidur sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang. Bukan saja picu diabetes, tetapi ada sederet masalah kesehatan lainnya dapat mengancam jiwa.

Menurut Nathaniel Watson direktur UW Medicine Sleep Center di Harborview Medical Center, jumlah optimal tidur per malam bagi kebanyakan orang adalah tujuh jam, dikutip dari wellandgood.com. Jadi jika seseorang setiap malam kehilangan 7 jam waktu istirahat dapat berdampak buruk pada tubuh. Berikut ini sederet dampak yang mungkin dialami dalam jangka panjang jika terus abai terhadap jam tidur yang tidak pasti seperti yang dilansir dari Nakita.

Saat tidak tidur di malam hari tubuh akan berhenti memproses hormon insulin. Di mana insulin sangat penting untuk regulasi gula darah. Jika waktu tidur terus terusan terganggu maka risiko diabetes tipe 2 tidak menutup kemungkinan akan terjadi.

Tidur tidak saja memberi waktu otak istirahat tetapi juga membersihkan otak dari plak. Jika Anda selalu kehilangan waktu untuk tidur di malam hari sangat berpotensi alami penumpukan plak. Penumpukan itu akan terus meningkat sebesar 5% hanya setelah kurang tidur satu malam.

Oleh sebab itu Anda sangat berisiko mengalami penurunan fungsi otak di masa mendatang atau alzheimer. Penderita insomnia punya risiko 2 kali lebih besar daripada orang pada umumnya. Menjaga sistem kekebalan tubuh tidak saja perhatikan makanan yang dikonsumsi tetapi juga siklus tidur.

Pastikan untuk miliki jadwal tidur yang teratur dan cukup sesuai dengan anjuran, 7 jam dalam semalam. Kurang tidur bahkan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Miliki jam tidur kurang dari 5 jam setiap harinya sangat berpotensi untuk meningkatkan tekanan darah tinggi.

Para ilmuwan percaya ini mungkin menjelaskan mengapa kurang tidur dari waktu ke waktu dapat menyebabkan masalah kardiovaskular dan penyakit jantung. Untuk mencegah kesulitan tidur dan mendapat waktu istirahat yang cukup Anda coba lakukan hal berikut ini seperti dimuat kompas.com: Miliki jam tidur secara teratur

Hindari tidur siang Manfaatkan tempat tidur hanya untuk istirahat Lakukan olahraga di sore hari

Mandi air hangat Hindari makan makanan tertentu yang sebabkan susah tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *