Majalah Berita Terpercaya

Kenali 3 Jenis Poles Mobil agar Kendaraan Kinclong Setiap Saat

Mobil menjadi salah satu jenis kendaraan yang membutuhkan perhatian ekstra, mengingat intensitas pemakaiannya yang cukup sering. Agar kendaraan roda empat selalu tampil prima, tentu membutuhkan perlindungan dan perawatan maksimal. Dari mulai pemberian perlindungan lengkap berupa car insurance Indonesia yang akan mengcover kerugian karena kerusakan akibat kecelakaan dan pencurian,  hingga rajin melakukan servis berkala di bengkel dan melakukan pemolesan terhadap bodi mobil.

Namun, tahukah Anda jika pemolesan mobil terbagi atas 3 macam jenis, diantaranya cleaning, detailing dan juga coating. Meski terdengar sepele, nyatanya tiga jenis perawatan ini merupakan bagian dari perawatan dasar yang semestinya dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Untuk lengkapnya, yuk simak ulasannya sebagai berikut.

  • Cleaning

Jenis perawatan yang pertama adalah cleaning yang meliputi pembersihan seluruh lapisan mobil, termasuk eksterior, bagian mesin hingga tentu interiornya. Beberapa teknik cuci mobil bisa Anda coba, mulai dari cuci biasa, dry wash ataupun cuci mobil dengan menggunakan mesin pencuci mobil otomatis. Sudah pasti tujuan dari aktivitas ini adalah untuk membersihkan lapisan mobil dari kotoran yang menempel dan mempersiapkan mobil untuk memasukin tahapan pemolesan yang berikutnya.

  • Detailing

Berikutnya adalah jenis perawaran detailing yang diperuntukan khusus untuk bodi mobil atau bagian eksterior saja. Langkah ini akan menghilangkan kusam pada mobil sekaligus membuat bodi mobil tampil lebih cerah dan kinclong. Proses detailing melibatkan mesin polet yang dilapisi oleh kain halus dan kasar, dimana kain kasar bertujuan untuk meratakan cairan poles, sedangkan kain berbahan lembut digunakan memberikan efek kilap pada bodi mobil.

  • Coating

Proses perawatan poles mobil tidak lengkap jika tidak ditambahkan dengan perawatan coating bodi mobil. Setelah mobil dibersihkan dan dipercantik, maka proses coating bertujuan untuk melindungi lapisan bodi mobil agar terhindar dari debu, lecet serta lapisan cat mobil yang meredup. Selain itu, pemberian coating akan membuat tampilan bodi mobil lebih mengkilap serta tahan lama. Terdapat beberapa perawatan coating yang bisa Anda pilih, yakni waxing, nano coating serta ceramic coating. Semua tergantung dari ketahanan serta bahan pelapis yang digunakan.

Itu dia berbagai jenis perawatan poles mobil yang wajib diberikan untuk mobil kesayangan agar mobil tetap awet dan tampil kinclong setiap saat. Meski begitu, proses poles mobil tidak diperlukan terlalu sering, beberapa prosesnya bahkan bisa Anda lakukan paling tidak setahun sekali tergantung efek abrasif yang terkandung dalam bahan yang digunakan untuk detailing dan juga coating. Untuk mendapatkan perlindungan ekstra dan menghindari risiko kerugian akibat situasi yang tak terduga di masa mendatang Anda bisa membeli perlindungan berupa car insurance Indonesia pada laman berikut, https://www.msigonline.co.id/motor-vehicle-insurance. Terpenting pastikan selalu perjalanan Anda aman, menyenangkan dan yang pasti tidak membahayakan baik untuk diri Anda maupun pengendara lainnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *