Majalah Berita Terpercaya
Bisnis  

Mengenal Apa Itu Investasi Reksadana dan Jenisnya

Saat ini banyak orang yang mulai memikirkan berinvestasi untuk mempersiapkan hari tua. Mengenal apa itu investasi reksadana sangat penting agar bisa mendapatkan investasi yang cocok. Saat ini, sudah banyak wadah yang menyediakan wadah untuk berinvestasi.

Mengenal Apa Itu Investasi Reksadana 

Salah satu investasi yang bisa Anda pilih yaitu Reksadana. Mengenal apa itu investasi reksadana sebagai produk investasi seperti deposito bank. 

Sehingga Reksadana bisa diartikan sebagai wadah uang dari masyarakat untuk membeli surat berharga. Surat berharga bisa berupa saham, obligasi, deposito atau lainnya. Dimana, surat berharga tersebut dikelola oleh seorang manajer investasi.

Reksadana sebagai alternatif investasi bagi Anda yang memiliki modal kecil. Selain itu, cocok juga untuk pemodal yang tidak memiliki waktu serta keahlian untuk menganalisis risiko dari investasi tersebut.

Jenis Reksadana yang Bisa Anda Pilih

Berikut ini beberapa jenis reksadana yang bisa Anda pilih, antara lain:

Reksadana Pasar Uang

Jenis Reksadana pasar uang merupakan investasi yang dilakukan dalam bentuk investasi pasar uang. Jenis Reksadana ini memiliki jangka waktu kurang dari satu bulan.

Sedangkan untuk instrumen investasi yang ditawarkan berupa:

  • Deposito berjangka 
  • Sertifikat deposito
  • Sertifikat Bank Indonesia  
  • Surat berharga pasar uang 

Reksadana pasar uang menjadi salah satu jenis Reksadana dengan risiko yang rendah. Reksadana itu memiliki tujuan untuk menjaga likuiditas serta untuk pemeliharaan modal investasi.

Reksadana Pendapatan Tetap

Risiko untuk reksadana pendapatan tetap lebih tinggi jika dibandingkan reksadana pasar uang. Namun, reksadana jenis ini menjadi salah satu yang cukup populer di kalangan investor. 

Reksadana Pendapatan Tetap merupakan investasi reksadana yang menginvestasikan aktiva dalam bentuk efek utang sebanyak minimal 80 persen. Tujuan dari reksadana ini yaitu untuk menghasilkan tingkat return yang stabil.

Reksadana Campuran

Sedangkan untuk Reksadana Campuran merupakan investasi reksadana yang mengalokasikan dana dalam bentuk kombinasi instrumen saham dan obligasi portofolio. 

Salah satu keuntungan jika memilih jenis reksadana ini yaitu tingkat pengembalian modal dengan persentase tinggi. Namun, reksadana jenis ini menghasilkan risiko yang tinggi juga.

Reksadana Saham

Selain itu, masih ada Reksadana saham yang bisa Anda pilih. Jenis reksadana ini merupakan aktivitas untuk investasi dana minimal 80 persen dalam bentuk saham. Reksadana saham merupakan jenis reksadana yang memiliki risiko paling tinggi. 

Tujuan dari reksadana saham ini yaitu menjaga pertumbuhan harga saham jangka panjang. Namun, reksadana saham memiliki tingkat pengembalian yang paling tinggi.

Keuntungan Investasi Reksadana

Mengapa memilih berinvestasi di reksadana? Simak beberapa keuntungan jika Anda memilih reksadana berikut ini:

Mudah Mempelajarinya

Untuk memulai investasi reksadana, Anda hanya perlu mendatangi penyelenggara manajemen investasi. Setelah itu, Anda bisa mulai membeli produk reksadana. Anda pun akan mendapatkan informasi lebih rinci berkaitan dengan reksadana atau produk yang akan anda investasikan..

Penawaran Beragam

Saat memulai investasi reksadana Anda akan mendapatkan pemahaman produk-produk yang disediakan. Penawaran Reksadana secara umum ada 2, yaitu Reksadana konvensional dan Syariah.

Anda mendapatkan kebebasan untuk memilih jenis produk reksadana baik konvensional maupun Syariah. Selain itu, Anda juga mendapatkan informasi terkait lembaga apa saja yang menyediakan produk reksadana tersebut.

Modal Awal Terjangkau

Perbedaannya dengan saham yang mengharuskan Anda membeli dalam satuan slot. Sedangkan reksadana bisa Anda beli sesuai dengan angka yang diinginkan. Hal ini sama halnya dengan saat Anda menabung. 

Sedangkan untuk persentase keuntungan Anda akan mendapatkan secara adil sesuai dengan porsi modal yang diinvestasikan.

 

Mengenal apa itu investasi reksadana akan membantu Anda memilih produk dengan baik. Selain itu, Anda juga mendapatkan informasi lengkap setiap produk reksadana yang dipilih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *