Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 SD Halaman 40 41 42 43 44 45 Subtema 1 Pembelajaran 6 Buku Tematik

Inilah kunci jawaban Tema 5 untuk kelas 3 SD/MI pada buku tematik halaman 40, 41, 42, 43, 44, dan 45. Soal ini ada dalam Subtema 1 Pembelajaran 6 Kelas 3 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Ada empat subtema dalam buku tematik kelas 3 SD Tema 5 yang berjudul Cuaca.

Pada subtema 1, siswa kelas 3 SD akan belajar mengenai Keadaan Cuaca. Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 3 SD/MI dalam buku tematik 5 subtema 1. Hari Sabtu yang cerah. Siti dan kawan kawan melangkah dengan gembira. Mereka siap untuk merayakan festival makanan tradisional.

Lani memakai pakaian adat Bali. Udin dengan pakaian Betawi. Edo tampak gagah dengan pakaian Maluku. Festival makin semarak. Para peserta memakai pakaian daerah. Orang tua dan guru sudah mulai berdatangan. Lani bertugas menyambut para undangan. Lani selalu tersenyum ramah. Mengunjungi festival makanan sungguh menyenangkan. Kamu dapat mencicipi makanan yang dipamerkan. Kamu juga dapat mencari informasi. Informasi tentang beragam daerah di Indonesia. Kamu juga dapat mengenal ragam pakaian adat daerahnya.

Yuk, kita buat daftar hasil kunjunganmu ke stan stan pameran. Jawaban: Keberagaman negara kita adalah sebuah anugerah. Kita harus saling menghormati setiap perbedaan. Perbedaan membuat kita kaya. Menjaga persatuan dan kesatuan adalah tugas kita bersama.

Festival makanan telah usai. Masih tersisa beberapa makanan dari masing masing stan. Udin sebagai ketua kelas ingin membaginya pada teman teman. 1. Di stan Sumatra salah satu teman membawa "Juada 8 Jam." Juada dalam bahasa Palembang adalah kue. Udin memotong Juada 8 Jam menjadi 18 potong yang sama besar. Lani makan 3 potong Juada. Tuliskan banyaknya Juada 8 Jam yang dimakan oleh Lani. Tuliskan dalam bentuk lambang bilangan.

2. Siti membawa brem dari Jawa. Pasangkan gambar brem dengan pecahan biasa yang bersesuaian dengan memberi tanda panah! Jawaban: 3. Dari stan Betawi, tersisa dodol. Dodolnya berbentuk bulat dan lonjong.

Yuk, kita mewarnai gambar dodol betawi. Warnai berdasarkan lambang bilangan pecahan yang diketahui! Jawaban: Jangan Takut pada Hujan

Cuaca mulai berganti menjelang siang. Matahari tertutup awan. Mendung pun datang. Saat mendung, langit berubah menjadi agak gelap. Tidak ada sinar matahari. Mendung adalah awan yang mengandung hujan. Makna ini tertulis pada Kamus Bahasa Indonesia. Cuaca mendung berlangsung lama dan kelam. Itu menandakan akan turun hujan. Saat hujan, terkadang petir dan kilat menyertai. Pernahkah kalian mendengar bunyi petir saat hujan? Adakah yang pernah melihat kilat saat hujan? Saat hujan, sebaiknya kita berlindung dalam rumah. Dapat juga berlindung di sekolah dengan aman.

Tidak perlu takut dengan suara petir. Jangan takut juga dengan kilat yang terlihat. Petir dan kilat tidak akan melukai kita. Pastikan berlindung di tempat yang aman. Sebaiknya, lakukan aktivitas di dalam rumah saja. Nikmati makanan atau minuman hangat. Carilah 5 kata yang berhubungan dengan cuaca. Temukan pada bacaan di atas. Lalu, jelaskan maknanya secara tertulis. 1. Hujan

Hujan adalah titik titik air yang berjatuhan dari udara karena proses pendinginan. 2. Petir Petir adalah kilatan listrik di udara disertai bunyi gemuruh karena bertemunya awan yang bermuatan listrik positif (+) dan negatif (–)

3. Mendung Mendung adalah awan yang mengandung hujan atau dalam keadaan langit yang agak gelap, tidak ada sinar matahari (karena tertutup awan) 4. Kilat

Kilat adalah cahaya yang berkelebat dengan cepat di langit (petir dan sebagainya). 5. Awan Awan adalah kelompok butiran air, es, atau kedua duanya yang tampak mengelompok di atmosfer; mega.

6. Matahari Matahari adalah benda angkasa, titik pusat tata surya berupa bola berisi gas yang mendatangkan terang dan panas pada bumi pada siang hari. Pernahkah kamu mengalami cuaca mendung? Kemudian hujan disertai petir atau kilat? Apa yang kamu rasakan?

Tulislah cerita berdasarkan pengalamanmu ketika hujan. Lalu, bacakan hasil tulisanmu di depan kelas. Jawaban: Sore kemarin, saat saya hendak pulang ke rumah, cuaca berubah mendung. Sejauh mata memandang langit berwarna kelabu dan tertutup awan hitam. Angin juga bertiup kencang dan dingin.

Tak lama kemudian, turun hujan deras. Tiba tiba, petir menyambar disertai kilatan cahaya yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara guruh yang menggelegar. Saya sempat ketakutan saat itu. Saya segera mencari tempat untuk berteduh dari hujan dan kilat/petir. Saya tidak berteduh di bawah pohon karena itu berbahaya. Setelah menunggu 30 menit, hujan berangsur angsur reda. Matahari mulai kembali bersinar dan langit terlihat cerah. Kini, aku dapat melanjutkan perjalanan pulang ke rumah.

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *