Lakukan Riset Pasar & Gunakan Marketplace 7 Tips Memulai Berbisnis Online

Dunia bisnis online kini semakin berkembang pesat. Selain caranya yang mudah, tak sedikit kisah sukses yang berangkat dari bisnis online. Bisnis online juga bisa menekan banyak pengeluaran yang tidak diperlukan.

Salah satunya biaya sewa toko atau ruko. Umumnya, bisnis online tidak membutuhkan modal besar, namun bisa mendapatkan untung yang menggiurkan. Calon konsumen juga bisa dengan mudah mencari barang atau jasa yang dibutuhkan hanya dengan mencari dengan kata kunci.

Untuk kamu yang baru memulai berbisnis online, berikut ini tips yang bisa kamu terapkan. Riset pasar menjadi hal utama yang harus dilakukan jika hendak terjun ke dunia bisnis. Dengan mengetahui kebutuhan pasar yang kamu sasar, akan memudahkan dalam menjual komoditasnya.

Supaya lebih menarik perhatian, kamu juga perlu pelajari nilai jual produk. Kamu mungkin menjual produk yang sama dengan orang lain, tapi apa yang membedakan dengan kompetitor dan berpotensi untuk memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Dalam bisnis online ada pula istilah dropship.

Melalui sistem dropship, kamu tidak perlu menyetok barang. Kamu hanya perlu mengiklankan produk, jika ada pembeli kamu cukup memberikan alamat dan pihak penyedia barang akan mengirimkannya ke lokasi. Sistem ini banyak diminati karena simple dan minim risiko.

Untuk pemula, kamu bisa menjual produk melalui media sosial. Pada tahap awal, gunakan akun media sosialmu untuk berjualan pada teman teman dan keluargamu. Jangan malu untuk meminta bantuan mereka dalam mempromosiakan jualanmu.

Pelan namun pasti, manfaatkan marketplace. Kamu bisa tetap mempromosikan barang jualanmu melalui media sosial dan merambah marketplace. Lewat Tokopedia, bisnis online jadi lebih mudah.

Selain berjualan, kamu juga bisa lho. Berbagai provider mulai dari hingga bisa kamu dapatkan dengan mudah. Kunci sukses bisnis online adalah selalu aktif di sosial media dan website penjualan.

Dengan selalu meng update kebutuhan pasar kamu dapat memanfaatkan content marketing, yakni teknik promosi yang bertumpu pada pembuatan konten. Pastikan konten yang kamu buat relevan, penting, bermanfaat, dan bisa menarik audiens. Semakin bagus konten, semakin besar kemungkinan usaha ditemukan lewat Google.

Hal lainnya yang perlu dipelajari adalah copywriting. Kamu bisa belajar melakukannya sendiri atau menyewa jasa copywriter. Dengan menggunakan kalimat promosi atau copy yang persuasif, kamu dengan mudah menjangkau sisi emosional konsumen dan menarik minat mereka.

Siapa tak suka diskon? Dengan memberikan diskon pada para pembeli menjadi salah satu cara berjualan online yang sangat jitu. Selain bertujuan untuk menarik para pembeli, dengan diskon kita bisa mengurangi kerugian akibat barang yang di stok terlalu banyak.

Terutama di tengah pandemi seperti ini, diskon diharapkan mampu membuat penjualan online pun masih bisa berjalang dengan baik. Selain diskon kamu juga bisa memberikan promo giveaway di periode tertentu. Misalnya bertepatan dengan hari jadi toko onlinemu, atau pada saat hari belanja online nasional (harbolnas).

Penjual online harus selalu memberikan pelayanan yang cepat dan ramah. Dengan pelayanan yang cepat dan ramah, diharapkan para pembeli akan puas. Cara ini bisa membuat bisnis online tetap berjalan lancar meski di tengah pandemi.

Selalu perhatikan kualitas produk. Jadikan ini sebagai prioritas bisnis onlinemu. Kualitas produk harus tetap dipastikan agar para pembeli tidak kecewa dan merasa puas berbelanja.

Selain kualitas produk, perhatikan juga higienitas barang, terutama di tengah pandemi seperti saat ini. Ingat, jaga kepuasan pelanggan agar mereka jadi langganan di tokomu. Review baik dari para pelanggan adalah sarana promosi terbaik.

Selain memberikan diskon dan giveaway, masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memanjakan pelangganmu. Yakni dengan memberikan bonus pada setiap pembelian. Tak perlu mahal, bonus kecil seperti masker kain, tisu basah atau minuman saschet bisa jadi contoh.

Dengan pemberian bonus setiap pembelanjaan bisa membuat pelanggan senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *