Perbedaan RAM dan ROM yang Perlu Anda Ketahui

RAM dan ROM merupakan istilah di dalam komputer maupun smartphone yang perlu Anda ketahui. Kedua istilah ini merupakan jenis media penyimpanan atau memori yang digunakan pada sebuah perangkat. Peran dari kedua jenis memori ini sangat krusial. Apa saja perbedaan RAM dan ROM?

Pengertian dan Fungsi RAM

Dikutip dari https://jibrot.com, RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Jenis memori yang satu ini memiliki kemampuan untuk menyimpan data yang bisa diakses tanpa melihat urutan dari letak data tersebut alias secara acak. RAM biasanya digunakan untuk menyimpan data saat CPU menjalankan program.

RAM bekerja secara real time sebagai memori utama pada perangkat. Sehingga informasi yang didapatkan pada saat program atau aplikasi sedang dijalankan bisa berubah secara aktif. Pada dasarnya peran Ram adalah untuk membantu proses kinerja agar lebih cepat dalam mengolah data.

Cara kerjanya sendiri dengan membantu harddisk serta prosesor komputer saat melakukan booting tanpa terjadi bottle-neck. Di mana prosesor akan membutuhkan data dari harddisk untuk menampilkan tampilan pada sistem operasi. Kecepatan data prosesor yang lebih cepat menyebabkan bottle-neck.

Pengertian dan Fungsi ROM

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory yang memiliki fungsi untuk menyimpan data-data pada komputer maupun smartphone yang dapat dibaca oleh pengguna. Memori ini sifatnya permanen sehingga pengguna tidak dapat mengubahnya dah hanya bisa membacanya.

ROM dapat diandalkan untuk menyimpan data lebih lama karena tidak terpengaruh meskipun daya listrik mati. Media penyimpanan ini juga digunakan sebagai hardware di dalam suatu perangkat yang berfungsi untuk menyimpan informasi booting.

Seperti yang dikutip dalam jibrot.com, cara kerja ROM adalah dengan memasukkan data yang diterima lalu diolah menjadi informasi firmware yang selanjutnya akan ditampilkan pada output devices. Kapasitas ROM biasanya bisa lebih besar dibandingkan dengan RAM.

Kapasitas RAM dan ROM pada sebuah perangkat seringkali menjadi pertimbangan utama bagi seseorang untuk membeli perangkat tersebut. Dengan mengetahui perbedaan RAM dan ROM di atas tentu Anda akan lebih paham saat hendak membeli atau menggunakan suatu perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *