Inilah 6 Tips Internet Stabil Saat WFH

Di tengah pandemi sekarang ini beberapa kantor menerapkan work from home atau yang biasa kita kenal dengan WFH. Walaupun bekerja dari rumah, ternyata tidak semudah yang dibayangkan karena salah satu problem utama ketika bekerja di rumah adalah jaringan internet yang tidak stabil sehingga menghambat pekerjaan. Di sini Anda harus cermat dalam memilih ISP (internet service provider) terbaik untuk menunjang pekerjaan Anda. Selain itu, ada beberapa tips lainnya sebagai berikut:

 

  1. Mengatur posisi router. Jangan sepelekan posisi router Anda karena router memiliki peran besar dalam penggunaan jaringan Wi-Fi. Posisi router harus diletakkan di tempat yang tidak terhalang oleh apapun. Penghalang di sini bisa berupa meja, pintu, maupun dinding. Mungkin Anda menyadari bahwa semakin dekat perangkat Anda dengan router, maka semakin lancar pula jaringan internet yang didapat.

 

  1. Bergantian memakai Wi-Fi. Saat Anda bekerja, komunikasikan kepada keluarga serumah untuk bergantian memakai Wi-Fi. Secermat mungkin atur waktu penggunaan sesuai dengan keperluan dan waktu masing-masing. Dengan bergantian seperti ini, Anda dapat mengurangi potensi gangguan internet saat WFH. Sebab semakin sedikit penggunaan internet secara bersamaan, maka akan semakin lancar pula jaringan internetnya.

 

  1. Matikan perangkat yang tidak dipakai. Jika Wi-Fi di rumah terhubung dengan banyak perangkat, maka jaringan internet akan semakin lambat. Dengan demikian matikanlah perangkat yang memang sedang tidak digunakan atau mematikan fitur Wi-Fi pada perangkat tersebut.

 

  1. Mengganti password secara berkala. Pastikan untuk mengganti password secara berkala. Mungkin tidak terpikir sebelumnya bahwa, hal ini dapat membatasi akses oleh pengguna lain yang tidak kita inginkan. Dengan begitu potensi gangguan internet saat sedang WFH juga akan berkurang.

 

  1. Gunakan block ads dan hapus cache. Tahukah Anda bahwa iklan merupakan salah satu penyebab lambatnya jaringan internet? Iklan pada internet dapat memakan data lebih banyak untuk proses akomodasi. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan AdsBlocker untuk browser di perangkat Anda. Hanya perlu mencarinya di mesin pencarian, kemudian download dan hubungkan dengan browser yang biasa digunakan. Selain itu Anda perlu menghapus cache secara berkala karena cache menggunakan penyimpanan internal yang dapat mempengaruhi kecepatan internet.

 

  1. Memilih ISP terbaik. Percayakan kestabilan internet Anda pada ISP terbaik yang sudah Anda survey sebelumnya. Pertama-tama Anda bisa menanyakan tentang harga paket sesuai dengan kebutuhan Anda. Tanyakan juga berapa bandwidth yang ditawarkan dan rasio pengguna saat ini terhadap bandwidth. Namun, perlu diingat bandwidth ISP bukan satu-satunya faktor penentu kecepatan. Saluran telepon Anda, kemacetan saluran telepon di lingkungan Anda, komputer Anda, modem Anda, RAM Anda, dan berbagai faktor lainnya harus dipertimbangkan juga agar aktivitas WFH Anda selalu lancar.

 

Adanya gangguan internet saat WFH memang menjengkelkan. Namun, Anda tidak perlu cemas lagi jika sudah mengikuti 6 tips yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat, ya!

 

Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/gangguan-internet-saat-wfh/#.YNslBegzY2w

https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00314789.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *