Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Selama pandemi tidak menyurutkan aktivitas pengiriman barang baik domestik maupun antar negara. Namun tentunya dengan berkembangnya regulasi, proses pengiriman barang akan semakin diperketat. Perlindungan maksimal dari asuransi pengangkutan barang serta penggunaan perusahaan eskpedisi yang berpengalaman juga akan semakin dibutuhkan agar proses pengiriman dan pengangkutan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan serta lebih terjamin dan aman.

Meski begitu, bagi Anda yang berencana untuk melakukan pengiriman barang ke luar negeri sebagai bagian dari aktivitas bisnis, ada baiknya Anda lebih cermat memperhatikan hal-hal yang dapat dilakukan untuk semakin memudahkan prosesnya. Terutama pada tahap persiapan di mana perencanaan yang baik pada proses pengiriman tentunya akan mendukung kemajuan bisnis dan kepuasan pelanggan. Simak ulasannya sebagai berikut.

  • Sesuaikan produk dan pasar. Hal yang paling utama adalah tentunya memastikan produk yang Anda kirim merupakan produk unggulan yang digemari di negara tujuan pengiriman. Selain itu, sesuaikan juga dengan target pasar Anda, di mana Anda dapat memasarkan produk unggulan tersebut pada pasar Asia Tenggara sehingga biaya kirim menjadi tidak terlalu mahal. Pemilihan produk dan target pasar yang tepat akan semakin mendukung perkembangan bisnis Anda dan tentunya memaksimalkan keuntungan yang di dapat.
  • Periksa regulasi negara tujuan. Kondisi saat ini membuat segala hal yang berhubungan dengan pengiriman dan pengangkutan menjadi semakin diperketat. Untuk itu, periksa dengan seksama segala peraturan atau regulasi yang diterapkan pada negara tujuan pengiriman. Jangan sampai ketidaktelitian justru menghambat usaha bisnis Anda dan membuat Anda justru akan mengeluarkan biaya tambahan yang seharusnya tidak diperlukan. Gunakan beragam sumber yang terjamin dan Anda juga bisa berdiskusi dengan rekan kerja pada negara tujuan untuk menggali informasi lebih baik.
  • Gunakan packaging yang aman. Packaging atau pengemasan yang aman menjadi salah satu kunci yang membuat proses pengiriman barang ke luar negeri menjadi lebih lancar dan aman. Hal ini karena kita tidak pernah tau bagaimana kurir memperlakukan barang kiriman yang ada. Anda dapat menggunakan label warning serta pengemasan yang tahan guncangan seperti penggunaan peti kayu yang rapat dan kokoh.
  • Lengkapi dengan jasa asuransi. Hal terakhir yang bisa anda siapkan dan perhatikan sebelum melakukan pengiriman barang ke luar negeri adalah melengkapi barang kiriman dengan asuransi yang sesuai. Layanan asuransi yang tepat akan melindungi barang kiriman Anda dari risiko rusak akibat bencana maupun hilang.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan proses pengiriman barang. Lengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan dan pastikan Anda telah melakukan semua pembayaran dengan sesuai. Agar semakin yakin, Anda dapat melakukan pengambilan gambar atau video terhadap paket atau barang kiriman yang hendak Anda kirim, sehingga jika nantinya ada kerusakan Anda dapat lebih cepat mengantisipasinya.

Referensi:


https://askrindo.co.id/asuransi-pengangkutan

https://kargo.tech/artikel/cara-kirim-barang-ke-luar-negeri/

https://koinworks.com/blog/mengirim-barang-ke-luar-negeri/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *