Efek Samping Lidah Buaya untuk Wajah dan Tubuh, Berikut ulasan lengkapnya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya kerap dijadikan sebagai bahan baku kosmetik maupun obat. Umumnya, bagian yang dimanfaatkan yaitu gel lendirnya.

Lidah buaya mengandung zinc, sodium, zat besi, kalsium, kalium, kromium dan magnesium, vitamin A, C, dan E, fenol, serta flavonoid. Banyaknya nutrisi serta manfaat lidah buaya membuat banyak orang memanfaatkannya untuk perawatan wajah.

Meski demikian, Anda perlu memperhatikan efek samping penggunaan lidah buaya untuk wajah. Untuk mengetahui efek samping penggunaan lidah buaya untuk wajah.

Berikut ulasan lengkapnya.

Efek Samping Lidah Buaya untuk Wajah

Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Akan tetapi, lidah buaya juga memiliki beberapa efek samping jika digunakan pada kulit yang sensitif.

Berisiko Mempercepat Peradangan pada Kulit

Banyak orang memanfaatkan gel lidah buaya sebagai masker. Dalam pemakaiannya, dianjurkan didiamkan hanya selama lima menit.

Apabila didiamkan di wajah dalam waktu tertentu, maka akan menimbulkan efek samping seperti peradangan bagi yang memiliki kulit sensitif.

Jika Anda mengalami masalah kulit usai menggunakan lidah buaya, segera hentikan penggunaannya, dan berobat ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Berisiko Membuat Kulit Gatal

Penggunaan gel lidah buaya diketahui dapat berisiko membuat kulit menjadi gatal. Oleh sebab itu, apabila kulit Anda menjadi kemerahan usai mengoleskan masker lidah buaya, segera hentikan dan cuci sampai bersih.

Periksakan dan konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Berisiko Memunculkan Bintik-Bintik Merah pada Kulit

Penggunaan gel lidah buaya tidak dianjurkan untuk seseorang memiliki kulit sensitif. Bagi pemilik kulit sensitif, pemakaian gel lidah buaya dapat membuat kulit mengalami gatal, ruam, hingga munculnya bintik-bintik merah pada kulit.

Oleh sebab itu, sebelum mengoleskan gel lidah buaya di wajah, sebaiknya oleskan gel tersebut di bagian telinga belakang. Jika Anda merasa gatal atau perih, maka berarti Anda mengalami alergi pada lidah buaya.

Efek Samping Lidah Buaya untuk Tubuh

Lidah buaya ternyata tak hanya kerap dijadikan sebagai masker, tetapi juga dikonsumsi oleh sebagian orang. Perlu diketahui, tidak semua orang aman untuk mengonsumsi lidah buaya. Sebaiknya periksa setiap produk lidah buaya sebelum mengonsumsinya.

Berikut efek samping lidah buaya untuk tubuh.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Salah satu efek samping dari lidah buaya untuk tubuh yaitu dapat menurunkan kadar gula darah. Jika dilihat sekilas, mungkin ini dirasa sangat baik. Akan tetapi, pada situasi tertentu, bila tak terkontrol malah membuat kadar gula darah menjadi drop.

Memperparah Penderita Wasir dan Penyakit Ginjal

Bagi penderita wasir, mengonsumsi lidah buaya sangat tidak dianjurkan. Gel lidah buaya dapat memperburuk wasir yang sedang Anda alami.

Selain itu, penderita sakit ginjal juga harus menghindari konsumsi lidah buaya. Hal ini dilakukan agar sakit yang sedang Anda alami tidak semakin parah.

Menimbulkan Kram pada Ibu Hamil

Lidah buaya juga tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengonsumsi lidah buaya dapat menyebabkan kram perut pada ibu hamil. Selain itu, lidah buaya juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui.

sumber : merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *